Aplikasi Yang Digunakan Untuk Membuat Desain

Kalau kemarin udah cerita tentang Tips Dasar Membuat/Desain Flyer, hari ini aku mau cerita atau berbagi tentang aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat flyer.

Sebelumnya aku mau informasiin kalau awal pertama aku berkenalan dengan aplikasi desain itu ternyata pada tahun 2012, tapi pada saat itu aku belum tau kalau ternyata itu adalah aplikasi yang bisa digunain buat desain flyer sederhana sampai ke desain projek yang menghasilkan. Dulunya aku kira itu cuma aplikasi pelengkap aja di komputer biar gak bosan hehehe

Okelah mari kita mulai,

Aplikasi Yang Digunakan Untuk Membuat Desain Flyer

1. Corel Draw

Naah, ini nih aplikasi yang aku pakai pertaaaama kali kenal dunia desain. Tapi jangan anggap yang gimana-gimana ya, pada masa itu (SMA) masih pakai Corel Draw 12 (kalau sekarang kayaknya udah  tipe “X” gitu, mohon komentarin ya kalau salah. Terakhir aku pakai Corel Draw X7 kayaknya.

Corel Draw biasanya digunakan oleh percetakan dalam skala besar, jadi banyak yang menggunakan aplikasi untuk membuat spanduk, baliho, atau poster dengan ukuran besar. Walaupun begitu kalau ingin membuat desain flyer dari aplikasi ini tetap bisa kok.

Menurutku kelemahan dari aplikasi ini adalah pemilihan warna yang kurang bervariasi dan juga tools yang sedikit rumit untuk dipahami. 

2. Photoshop

Pada zaman dahulu pernah kenalan dengan aplikasi ini dan yang bisa alu lakukan hanyalah memotong foto dan mengatur brightness n’ contrass. Selain itu yasudah aku tutup lagi.

Sampai pada  zaman dimana aku bergotong royong dengan orang-orang yang mengaku “desainer grafis” barulah aku mulai mengerti dan mengenal Photoshop lebih dekat lagi.

Dibanding dengan Corel Draw pilihan warna yang ada di photoshop lebih bervariasi dan juga penggunaan toolsnya sangat mudah.  Kita bisa langsung mengubah tools yang ingin kita pakai hanya dengan menekan salah satu huruf di keyboard.

Misalnya kita sedang memotong gambar (shortcut: menekan huruf C) setelah itu kita mau menuliskan teks (shortcut: menekan huruf A) lalu kita  mau mewarnainya (shortcut: menekan huruf B).

Sebenarnya ada banyak kelebihan lainnya, tapi menurutku bagian ini adalah kemudahan yang sangat bermanfaat

3. Canva

Kalau pada nomor 1 dan 2 kita bercerita tentang aplikasi desain yang digunakan di komputer, maka di nomor 3 kita akan cerita tentang satu aplikasi desain yang berfaedah dan bisa dibawa kemana-mana.

Kenapa begitu? Canva merupakan aplikasi yang bisa digunakan dari handphone kita semua, smartphone ya tentunya.

Aplikasi Canva sebenarnya juga tersedia untuk PC tapi kalau kita sedang membutuhkan flyer mendadak dan tidak sempat untuk membuka laptop/komputer maka Canva pada hp sangat membantu.

Canva menyediakan banyak template menarik yang dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan desain kita. Misalnya untuk story instagram, postingan instagram, brosur kegiatan, dan lainnya. Kemudahan yang ditawarkan adalah kita hanya perlu mengganti setiap tulisan yang ada di template sesuai dengan informasi yang kita inginkan, satu lagi kita bisa menemukan dengan mudah template yang kita perlukan untuk desain kita.

Misalnya, kita mau buat flyer/brosur kegiatan workshop menulis. Ketikkan keyword seputar menulis (writting; workshop; menulis) maka beberapa template seputar workshop menulis akan muncul.

Selain dari tiga aplikasi desain yang udah aku ceritakan sebenarnya masih buuuuanyak lagi aplikasi desain lainnya. Kalau kalian desain flyer dan lainnya pakai aplikasi apa ya?

 

3 tanggapan untuk “Aplikasi Yang Digunakan Untuk Membuat Desain”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s